Luka Bakar Parah

Luka Bakar Parah – Luka bakar dapat timbul akibat kulit terpajan ke suhu tinggi, syok listrik atau bahan kimia. Luka bakar diklasifikasikan berdasarkan kedalaman dan luas daerah yang terbakar. Luka bakar dapat digolongkan sebagai derajat pertama superfisial, derajat kedua ketebalan parsial superfisial, derajat kedua ketebalan parsial dalam atau derajat ketiga ketebalan penuh atau Luka Bakar Parah.

Luka Bakar Parah

Luka Bakar Parah

DERAJAT LUKA BAKAR

Luka bakar derajat pertama superfisial terbatas pada epidermis yang ditandai dengan adanya nyeri dan eritema tanpa lepuh. Kuliy sembuh spontan dalam 3 sampai 4 hari dan tidak meninggalkan jaringan parut, biasanya tidak timbul komplikasi, misalnya luka bakar akibat sinar matahari.

Luka bakar derajat kedua ketebalan parsial dalam meluas ke epidermis dan ke dalam lapisan dermis. Luka bakar ini sangat nyeri dan menimbulkan lepuh dalam beberapa menit. Luka bakar ini biasanya sembuh tanpa meninggalkan jaringan parut, walaupun orang-orang tertentudapat mengalami jaringan parut akibat luka ini. Penyembuhan biasanya memerlukan waktu sebulan. Komplikasi jarang terjadi, walaupun mungkin timbul infeksi sekunder pada luka. Luka bakar derajat kedua ketebalan parsial dalam meluas ke seluruh dermis. Folikel rambut mungkin ututh dan akan tumbuh kembali. Luka bakar jenis ini hanya sensitif parsial terhadap nyeri karena luasnya destruksi saraf-saraf sensorik. Namun, daerah di sekitarnya biasanya mengalami luka bakar derajat kedua superfisial yang nyeri. Pada luka bakar jenis ini penyembuhannya memerlukan waktu beberapa minggu dan pembersihan secara bedah untuk membuang jaringan mati. Biasanya diperlukan tandur kulit untuk membuang jaringan mati. Biasanya diperlukan tandur kulit. Pada luka bakar ini selalu terjadi pembentukan jaringan parut.

Luka bakar derajat ketiga atau Luka Bakar Parah ketebalan penuh meluas ke epidermis, dermis dan jaringan subkutis. Kapiler dan vena mungkin hangus dan aliran darah ke daerah tersebut berkurang. Saraf rusak sehingga luka tidak terasa nyeri. Namun, daerah sekitar biasanya memperlihatkan nyeri seperti pada luka bakar derajat kedua, Luka bakar jenis ini mungkin memerlukan waktu berbulan-bulan untuk sembuh dan memerlukan pembersihan secara bedah dan penanduran. Luka bakar serajat ketiga membentuk jaringan parut dan jaringan tampak seperti kulit yang keras. Luka bakar derajat keempat meluas ke otot, tulang dan jaringan dalam.

CARA MENGOBATI LUKA BAKAR

Perawatan medis pada luka bakar parah untuk mencegah timbulnya bekas luka yang parah adalah :

  1. Penilaian dari luka bakar dan juga kondisi luka bakar yang terkait misalnya cedera inhalasi. Jika belum melakukannya maka pakaian dan perhiasan biasanya akan dikeluarkan dari area yang mengalami terbakar.
  2. Penggunaan obat luka bakar cairan infus iintravena. Biasanya dokter memberikan cairan dengan terus menerus lewat vena untuk mencegah terjadinya dehidrasi.
  3. Obat luka bakar biasanya diberikan obat oral dan obat nyeri IV serta jenis antibiotik yang diberikan dalam membantu untuk mengurangi nyeri dan mencegah terjadinya infeksi. Obat topikal yang digunakan juga bisa diterapkan pada daerah yang mengalami terbakar untuk bisa membantu mengurangi terjadinya rasa sakit dan bisa membantu untuk mempercepat proses penyembuhan
  4. Luka perawatan. Biasanya luka bakar dibersihkan dan sisa yang tertanam di dalam serpihan pakaian atau juga sampah harus dibersihkan dan dibuang.
  5. Pelindung dressing. Tergantung dari ukuran serta lokasi pada luka bakar bagian yang mengalami luka bakar biasanya dibalut dengan menggunakan pembalut serta perban dalam membantu melindungi kulit, membantu mengurangi rasa sakit dan juga untuk mencegah dari hilangnya panas dan juga kelembapan lewat luka.
  6. Pencangkokan kulit. Untuk jenis penyakit luka bakar yang mencakup ke daerah yang luas dari kulit, maka biasanya akan dilakukan pencangkokan kulit yang bisa saja dibutuhkan untuk membantu regenerasi jaringan kulit, mencegah terjadinya bekas luka jaringan parut dan untuk membantu proses penyembuhkan luka bakar.
  7. Teknik pembedahan
    Untuk kasus luka bakar parah, operasi pembedahan mungkin diperlukan dalam membantu menutup luka, membuang semua jaringan yang mati atau juga untuk mengobati komplikasi yang terkait atau berhubungan dengan luka bakar.

Cara mengobati luka bakar ringan, maka Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti dibawah ini :

  1. Menggunakan madu murni
    Zat antiseptik alami yang ada di dalam madu bisa membantu untuk menyembuhkan luka bakar ringan. Caranya adalah oleskanlah madu murni ke bagian luka bakar.
  2. Menggunakan lidah buaya
    Obat herbal untuk luka bakar adalah dengan lidah buaya. Kandungan alami yang ada di dalam lidah buaya sangat baik untuk kesehatan kulit. Caranya adalah potonglah lidah buaya serta gelnya agar keluar dan kemudian gel tadi dioleskan pada luka. Lakukanlah cara ini dengan teratur dan berulang sampai luka bakar mengering.

Luka Bakar Parah


=====================================

>>> Obat Luka Bakar Untuk Pengobatan Luka Bakar dan Memperbaiki Jaringan Kulit yang rusak, Klik Detail disini!
=====================================


This entry was posted in Luka Bakar and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *