Luka Bakar Pada Anak

Luka Bakar Pada Anak – Wawasan klinis dari perawatan luka bakar mengacu pada fisiologi cairan dan elektrolit, infeksi bedah, pemeliharaan nutrisi, pemantauan kardiopulmonar, dan perawatan luka, dimana tidak ada satupun dapat diatasi sebagai konidisi-kondisi yang terpisah tanpa pemahaman proses penyakit secara keseluruhan. Pusat-pusat perawatan luka bakar sebaiknya dilengkapi dengan peralatan yang dapat memberikan pelayanaan pendukung jangka panjang, untuk pasien-pasien dengan luka bakar yang lebih kecil dan yang tidak memerlukan rawat inap.

Luka Bakar Pada Anak

Luka Bakar Pada Anak

LUKA BAKAR PADA ANAK

Lebih dari 80% luka bakar pada anak balita merupakan cedera lepuh. Luka ini dapat terjadi bila bayi dan balita tak terurus dengan baik, dimasukkan ke dalam bak mandi yang berisi air yang sangat panas, dan anak tak mampu keluar dari bak mandi tersebut. Selain itu,  kulit balita lebih tipis daripada kulit anak yang lebih besar dan orang dewasa, karenanya lebih rentan terhadap cedera. Luka bakar khususnya pada anak yang mendapat cangkokan kulit, menyebabkan henti pertumbuhan yang berat, terutama pada tahun pertama pasca luka bakar, dan keterlambatan pertumbuhan ini belum akan pulih setidaknya selama 3 tahun setelah cedera. Pada akhirnya, luka bakar juga dapat pula merupakan manifesrasi dari penyiksaan anak.

Luka bakar pada anak perlu di tutup dengan kain yang bersih atau kasa pembalut, untuk mencegah kontaminasi lebih lanjut dari permukaan luka, dan mengurangi nyeri pada daerah-daerah ketebalan tertentu dari luka bakar. Selanjutnya  korban diselimuti dengan selimut yang bersih guna mencegah kehilangan panas tubuh dan mengurangi resiko hipotermia. Korban dengan cedera sedang atau berat harus segara dibawa ke rumah sakit untuk perawatan yang tepat. Jika lama perjalanan ke rumah sakit tempat perawatan lebih dari 45 menit, atau bila pasien mengalami pendarahan sehubungan dengan cedera mekanis di dalamnya, maka larutan garam fisiologis perlu diberikan memakai kanula terbesar yang dapat pasang pada vena perifer.

CARA MENGOBATI LUKA BAKAR

Rendaman dalam air es atau pemakaian kantong-kantong es dapat mengurangi nyeri pada daerah-nyeri kecil luka bakar pada anak dengan ketebalan parsial, dan uga dapat mengurangi derajat kerusakan jaringan pada pasien-pasien tersebut. Tindakan ini dapat dilakukan dalam 10 hingga 15 menit setelah cedera. Kantong es dan rendaman dalam air es jangan dilakukan pada luka bakar yang  luas selama lebih dari 15 menit.

Hal-hal yang menentukan pada pasien-pasien luka bakar pada anak anara lain luas dan dalamnya luka bakar, lokasi luka, usia pasien, zat penyebab, ada tidaknya trauma mekanis penyerta dan penyakit lain yang sudah ada sebelumnya.  Beberapa penyakit seperti nekrolisis epidermal toksik dan penyebab cedera kulit  yang lebih luas lainnya, dapat sangat menyerupai luka bakar dan memerlukan sumber daya dan keahlian yang sama untuk menanganinya.

Luka bakar tringan perlu diberishkan dengan desinfektan deterjen bedah , dilakukan debridement, dan dibiarkan mongering. Jika memakai kasa pembalut maka  perlu diganti setiap 3 haru dan luka diinspkesi. Jika proses penyembuhan berjalan memuaskan, maka kasa pembalut dapat diberikan lagi, namun jika timbul infeksi pasien perlu dirawat dirumah sakit, dan luka dirawat dengan kemoterapik topical dan antibiotic sistemik.

MENCEGAH TERJADINYA LUKA BAKAR DIRUMAH

Untuk mengurangi resiko dari terjadinya masalah luka bakar di dalam rumah, maka Anda bisa menerapkan langkah-langkah dibawah ini :

  1. Sebaiknya jangan pernah meninggalkan masakan Anda diatas kompor tanpa ada pengawasan
  2. Saat memasak, maka sebaiknya gunakan sarung tangan misalnya adalah saat Anda sedang menangani oven untuk membantu melindungi dan juga menutup tangan didaerah pergelangan tangan
  3. Sebaiknya jauhkanlah dari cairan panas dan juga dari jangkauan anak-anak.
  4. Saat memasak maka sebaiknya jangan pernah mengenakan pakaian yang loosefitting yang akan membuat resiko pakaian terjerat api diatas kompor
  5. Sebaiknya jauhkanlah pemasa ruangan dari bahan-bahan yang bisa dengan mudah terbakar
  6. Jangan merokok di dalam rumah apalagi merokok diatas tempat tidur
  7. Jauhkanlah jenis bahan kimia dari anak-anak, misalnya adalah korek api

Cara mengobati luka bakar secara alami adalah :

  1. Pastikan terlebih dahulu bahwa penyebab dari luka bakar sudah dipadamkan atau sudah dihapus.
  2. Dinginkanlah luka bakar
  3. Oleskanlah lotion atau pelembab Anda bisa menggunakan gel lidah buaya.
  4. Tutuplah luka bakar dengan pembalut kasa yang steril jangan terlalu kuat.
  5. Ambillah obat luka bakar pereda nyeri misalnya adalah obat Aspirin, ibuprofen naproxen, dan juga acetaminophen.
  6. Sebaiknya jangan merusak dan juga mengupas luka dari lepuhan yang pecah hal ini akan membuat kulit Anda menjadi lebih rentan untuk bisa terkena infeksi. Jika luka lepuh masih terbuka maka Anda bsia menyiramnya dengan menggunakan sabun antibakteri dan juga air. Oleskanlah salep antibiotik dan juga perban untuk mencegah bekas luka semakin parah.

Luka Bakar Pada Anak

 


=====================================

>>> Obat Luka Bakar Untuk Pengobatan Luka Bakar dan Memperbaiki Jaringan Kulit yang rusak, Klik Detail disini!
=====================================


This entry was posted in Luka Bakar and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *